FEATURED: What to watch in the markets today  - read our article!
HeadlineKriminal

Perdagangan Gadis Asal Bandung di el-Gusam, Polisi Tetapkan 3 Tersangka

SITUBONDO (ringgit.news)- Polres Situbondo akhirnya menetapkan 3 tersangka, kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang atau human trafficking yang terjadi di Eks Lokalisasi Gunung Sampan (el-Gusam), Desa Kotakan Situbondo, Jawa Timur. Bahkan kasus ini menimpa 5 korban anak dibawah umur, yang dipekerjakan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK).

“Kami tetapkan tiga tersangka, yakni pasangan suami istri (Pasutri) berinisial SL (50) dan SB (45) yang berperan sebagai mucikari. Beserta anaknya NT (33), pengelola wisma,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono, saat konferensi pers di teras depan Mapolres, Senin (29/07/2019).

Awan mengatakan, bahwa Sabtu (27/07/2019), polisi berhasil mengamankan 12 wanita yang menjadi korban perdagangan, di el-Gusam. Dari 12 wanita itu tersebut, 5 masih di bawah umur. “Dua orang masih berusia 14 tahun, dan tiga lainnya berusia 17 tahun,” ujarnya.

Awan juga mengaku, dugaan perdagangan orang sebagai PSK el-Gusam, bermula dari laporan masyarakat. Berdasarkan laporan itulah, anggota Satreskrim Polres setempat berhasil mengamankan 12 perempuan korban perdagangan orang itu.

“Sementara tiga tersangka kita amankan. Dan satu orang lagi masih dalam pencarian,” terang Kapolres.

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 12 wanita malam dan 1 muncikari, diamankan polisi dari salah satu wisma dalam lingkungan Eks Lokalisasi gunung Sampan (el-Gusam) RT.27/10 Desa Kotakan, Situbondo Jawa Timur, Sabtu (27/07/2019) malam. Setelah adanya laporan masyarakat, bahwa ada dugaan kasus human trafficking atau penjualan manusia.

Yakni, ada sejumlah anak dibawah umur yang dipekerjakan sebagai PSK. Tak hanya itu, kabar santer bahwa mereka disekap dalam kamar dan dipaksa melayani pria hidung belang sehari hingga 7 sampai 10 kali dalam semalam. Karena disebut-sebut, mereka terlilit hutang kepada majikan yang mempekerjakannya.

Pantauan media ini, mereka berasal dari Kota Kembang Bandung dan Kota Dingin Malang. Kini mereka menjalani pemeriksaan di Mapolres Situbondo, untuk proses hukum lebih lanjut. Diantara PSK yang diamankan berinisial Vivi, Ica, Yohan, Hesti, rianti, Silvi, Yunisa, Novi, Indah, Delia dan Tasya. (asr/ din/ gus/ red)

Related posts
BencanaCovid-19Headline

Rapid Test 4 Warga Bondowoso Kluster Gowa Hasilnya Reaktif

HeadlineUmum

Diduga Ada Penyerobotan BPNT di Desa Sukosari Jember

BencanaCovid-19HeadlineNasional

Kabar Kurang Enak!!! 39 Warga Kembali Terpapar Covid-19, Situbondo Positif 51

BencanaCovid-19HeadlineNasional

Sempat Ditolak Warga, Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Dengan Protap Kesehatan

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Comment