FEATURED: What to watch in the markets today  - read our article!
BencanaCovid-19HeadlineNasional

Kabar Kurang Enak!!! 39 Warga Kembali Terpapar Covid-19, Situbondo Positif 51

SITUBONDO (ringgit.news)- Kabar kurang baik kembali melanda Situbondo, setelah sebelumnya sempat terkabarkan bahwa Kota Bumi Shalawat Nariyah ini bersih atau terbebas dari penyakit Corona Virus Deseases 2019 (Covid-19), dengan jumlah terkonfirmasi positif 12 orang. Semuanya dinyatakan sembuh secara klinis, meski 1 orang masih tahap isolasi mandiri di rumahnya.

Namun kini berbeda dan kembali mengkhawatirkan, setelah ditemukan positif 31 orang positif Covid-19 dari hasil swab tahap kedua dari transmisi lokal klaster Tempat Ibadah Masjid di Desa Olean. Dari reaktif 37 orang hasil rapid test tahap kedua, terpapar 31 orang hasil swab yang dikirim ke Litbang Kemenkes RI.

Hal itu ditegaskan Abu Bakar Abdi, selaku Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Situbondo, yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Sabtu (30/05/2020) malam. “Iya betul hasil swab 31 orang positif Covid-19 dari hasil rapid test 37 orang yang dikirim. Sementara 6 dinyatakan negatif hasilnya,” terang Abu, panggilan karibnya.

Abu juga mengatakan, bahwa sebelumnya juga ada tambahan dari data awal 12 positif Covid-19 sebelum lebaran, sebanyak 8 orang terkonfirmasi Covid-19 dari swab berdasar belasan orang yang reaktif hasil Rapid Test tahap pertama, yang juga klaster tempat ibadah di Olean.

“Ya sebelumnya 8 positif dari tempat yang sama. Tambahan pasien positif Covid-19 itu semuanya berasal dari Desa Olean dan Tenggir. Karena kedua desa itu dekat dan bersebelahan,” ungkapnya.

Bahkan, menurut Abu, kemungkinan pasien positif Corona ini akan terus bertambah, seiring banyak yang reaktif dari hasil Rapid Test Desa Olean dan Tenggir. Terdata sekitar 26 reaktif hasil Rapid Test lanjutan, yang masih belum turun hasil swabnya dari Litbang Kemenkes.

“Ya kemungkinan bertambah lagi, karena masih ada hasil rapid test lanjutan yang belum datang hasilnya. Ini kemungkinan akan bertambah terus. Ada 26 reaktif Rapid Test yang hasil swabnya belum datang. Ini masih terus dilakukan Rapid Test di kawasan tersebut,” lanjutnya. (red)

Related posts
BencanaCovid-19Headline

Rapid Test 4 Warga Bondowoso Kluster Gowa Hasilnya Reaktif

HeadlineUmum

Diduga Ada Penyerobotan BPNT di Desa Sukosari Jember

BencanaCovid-19HeadlineNasional

Sempat Ditolak Warga, Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Dengan Protap Kesehatan

BencanaCovid-19HeadlinePemerintahan

Khawatir Kluster Baru Covid-19, Kepala Dinkes Minta Bupati Dadang Tutup KDS dan Roxy Mall

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Comment